20 Nov 2013

8 Cara Efektif Mengaktifkan Dahsyatnya Otak Kanan

Otak Manusia
Otak adalah salah satu organ tubuh yang terletak di dalam kepala kita. Otak memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tanpa otak, manusia ibarat sebuah komputer tanpa chip. Otak adalah pusat kehidupan manusia. Otak manusia dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri dengan fungsi yang berbeda.

Kemampuan otak kanan itu memiliki kapasitas 90% dan otak kiri hanya 10-12%.
Hasil penelitian mutakhir di AS menyebutkan, peran logika dalam membuat orang menjadi sukses hanya 4-6%, sedangkan 94-96% adalah tanggungjawab otak kanan yang banyak berhubungan dengan inovasi, kreativitas, naluri, intuisi, daya cipta, kejujuran, keuletan, tanggungjawab, kesungguhan, spirit, kedisiplinan, etika, empati dan lain-lain. Woooow.. hebat sekali ya peran otak kanan disini.

Sedangkan tugas otak kiri adalah yang selalu berhubungan dengan angka-angka, bahasa, analisa, logika, intelektual, ilmu pengetahuan. Selain diurusi oleh otak kiri maka menjadi urusan otak kanan.

Otak kanan sesungguhnya dapat merekam dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak. Sel-sel darah manusia dapat menjadi cadangan tempat penyimpanan memori manakala memori otak kita penuh. Perlu diketahui, kapasitas kemampuan otak kanan dalam menyimpan memori mencapai 10 pangkat 5 juta kilometer, yang kalau dihitung deretan angka nol di belakangnya adalah sebanding dengan jarak antara bumi dan bulan 14 kali pulang pergi.  


Apa pentingnya imajinasi?? 

Albert Einstein menemukan teori relativitas karena kekuatan imajinasinya. Kemudian sewaktu duduk di bangku sekolah, gurunya mengajari Einstein tentang kekuatan daya imajinasi.

Salah satu rahasia kecerdasan orang Yahudi adalah kekuatan imajinasi.

Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi bisa sukses, bukan karena ilmu finance yang mereka pelajari di Sorbonne Prancis, akan tetapi karena kemampuan daya imajinasi seorang Andrea kreatif meramu perjalanan hidupnya menjadi suatu cerita yang menarik, lalu ditulislah kedalam bentuk Novel Tetralogi Laskar Pelangi—sekarang menjadi novel berkelas dunia karena sudah dialihbahasakan ke dalam berbagai bahasa. Novelnya kemudian difilmkan dan sukses di pasaran.

Salah satu orang yang bisa membiayai untuk berwisata ke luar angkasa adalah pembuat game komputer dari Amerika Serikat (AS), keahlian untuk merancang game komputer tentunya membutuhkan kemampuan imajinasi yang tinggi.

Bahkan orang terkaya di dunia, Billy Gates, pemilik Microsoft adalah seorang yang drop out dari perguruan tinggi. Tapi jangan ditanya soal tekad dan daya imajinasi yang tinggi, sehingga mampu mendirikan perusahaan Microsoft yang dibangun dengan modal tekad yang kuat.

Bahkan, Matshushitya Konoshuke, pemilik perusahaan elektronik Jepang “Panasonic” adalah mantan penjaga toko sepeda.

Termasuk motivator sekaligus penulis buku terkenal Andri Wongso adalah anak dari keluarga miskin di Malang yang tidak tamat sekolah dasar, tapi karena keberaniannya bermimpi (daya imajinasi) akhirnya menjadi bintang film di Hongkong serta membuat kata-kata mutiara yang ditulis di kertas pembatas buku bernama Harvest.

Itu artinya, cerdas saja tidak cukup, tapi diperlukan kreativitas dengan selalu mengasah imajinasi, dalam hal ini merangsang otak kanannya.

Selain itu juga, cara kerja otak bagian kiri lebih memikirkan hal yang rasional dan realistis saat menganalisa atau memperhitungkan sesuatu hal. Contohnya: Ketika seseorang ingin memulai atau membangun usaha. Jika seseorang arah berpikirnya lebih dominan ke arah otak kiri, maka saat membangun usaha ia akan lebih banyak perhitungan sebelum memulainya, memperhitungkan untung ruginya, jika dirasa keuntungannya lebih besar baru akan dijalankan, namun jika dirasa keuntungannya tipis atau bahkan tidak sama sekali mereka biasanya akan segera menghentikannya.

Cara kerja otak kanan berbeda dengan cara kerja otak kiri, yaitu lebih memikirkan pentingnya segera bertindak, istilah dalam dunia bisnis adalah Take Action!. "Kalau tidak kita coba, mana kita tahu!!", itulah salah satu cara berpikir orang yang lebih dominan menggunakan otak kanannya. Orang yang lebih dominan otak kanan, pada saat ia akan memulai usaha, ia jarang memikirkan sesuatu yang seperti ini "Apakah aku mampu?", "Bagaimana nanti kalau rugi", "Aku tak cukup modal", dsb.


Islam dan Otak Kanan

Islam adalah agama yang merangsang otak kanan manusia menjadi berfungsi. Betapa tidak, ketika kita mencoba memahami bagaimana pergantian malam dan siang terjadi, seperti dijelaskan dalam Al Qur’an, tentu diperlukan daya imajinasi untuk bisa merasakan kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta, menumbuhkan aneka tumbuhan, dan bagaimana Sang Khaliq menurunkan hujan.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata: “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Qs. Ali Imran 190-191).
Tanpa bantuan imajinasi, kita tidak sanggup melihat dan merasakan langsung tanda-tanda yang dimaksud, dan tidak sanggup memikirkan penciptaan langit dan bumi.

Bahkan dalam hadits Nabi dikatakan: “Sembahlah Tuhan-Mu seakan-akan engkau melihatnya, dan apabila kamu tidak sanggup melihat-Nya, maka yakinlah bahwa Allah melihat kamu.”
Sangat jelas dalam hadits ini, perintah untuk seolah-olah melihat Allah dalam shalat adalah pekerjaan imajinasi atau kemampuan “membayangkan.” Seperti diketahui, ayat-ayat suci Al Quran banyak menggunakan kata perumpamaan: seakan-akan, seperti, yang tentunya membutuhkan daya imajinasi yang kuat. Daya imaninasi adalah tanggungjawab otak kanan.


Tidak semua orang tahu perihal kehebatan dan rahasia otak kanan manusia. Uniknya, berbagai macam respon timbul ketika mendengar informasi tentang otak kanan. Ada yang menganggap biasa-biasa saja, ada yang sama sekali tidak pernah mendengar, ada yang tidak percaya bahwa otak terbagi dalam dua bagian dengan fungsinya masing-masing.

Respon lain, ada yang menganggap bahwa otak kanan berfungsi atau aktif secara otomatis apabila organ tubuh bagian kiri sedang bergerak. Bahkan ada anggapan tidak ada pembagian otak kiri, otak kanan, maupun otak tengah. Yang mereka percayai, otak manusia hanya satu.

Nah, sekarang anda semua sudah menyadari kan kehebatan otak kanan. Bagaimana cara efektif mengaktifkan otak kanan? berikut ada beberapa cara mudah yang dapat digunakan untuk melatih otak kanan anda.  

1. Left-handed handling
Peganglah gagang pintu dan bukalah pintu dengan tangan kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari. 

2. Left-handed brushing
Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.  

3. Left-handed writing
Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.  

4. Left-handed signing
Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.  

5. Bermain musik dan bernyanyi
Belajar memainkan alat musik atau bernyanyi adalah salah satu cara dalam melatih otak kanan. Bahkan menghargai musik yang bagus dapat membuka pikiran anda. Menyanyi adalah ekspresi dari pikiran anda.  

6. Melukis
Anda harus mencoba melukis. Salah satu alasan mengapa anda harus melakukannya adalah bahwa hal itu sangat menyenangkan. Mengatur diri dengan warna, kuas, dan kanvas atau gambar. Lukisan apapun yang anda buat, biarkan pikiran anda mengembara bersama dengan kuas cat.  

7. Olahraga
Kegiatan olahraga seperti tenis meja dan bulu tangkis atau permainan lain juga dapat menjadi stimulan otak kanan. dengan strategi yang dijalankan sambil bermain game, membutuhkan banyak visualisasi. Anda harus melihat diri anda melakukannya dalam pikiran dan kemudian anda dapat mengeksekusinya. Itu sebabnya, olahraga adalah cara yang baik untuk melatih otak kanan.  

8. Menulis cerita
Ide dari latihan ini adalah menciptakan alur cerita khayalan anda sendiri dan menuliskannya. Anda mulai dengan situasi acak dan membangun cerita. Hal ini sangat menyenangkan. Anda akan mengejutkan diri sendiri dengan apa yang anda tulis melalui imajinasi anda.

Dikutip dari berbagai sumber